Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SD Islam Cedikia Faiha Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan demokratis kepala sekolah di SD Islam Cendikia Faiha Palembang serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan pokok dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, dan Wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan menarik kesimpulan. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Islam Cendikia Faiha Palembang sudah demokratis. Hal ini dapat dilihat dari indikator kepemimpinan demokratis kepala sekolah yaitu pendapatnya terfokus pada hasil musyawarah, tenggang rasa, memberikan kesempatan pengembangan karir, menerima kritik dan saran dari tenaga pendidik, menciptakan suasana kekeluargaan, mengetahui kekurangan dan kelebihan tenaga pendidik, komunikatif, dan tanggap terhadap situasi telah dilakukan meskipun masih terdapat kekurangan seperti kepala sekolah masih jarang turun ke lapangan untuk melakukan pembinaan, penyuluhan, dan pengamatan terhadap tenaga pendidik di sekolah. Adapun faktor pendukung kepemimpinan demokratis kepala sekolah SD Islam Cendikia Faiha Palembang yaitu kerjasama serta hubungan yang terjalin secara baik antara kepala sekolah dengan tenaga pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terdapat beberapa tenaga pendidik yang memiliki rasa kecemburuan sosial antara tenaga pendidik yang lainnya.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.