MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Main Article Content

Albenopri Simarmata
Romario F.D Purba
Jelita Simbolon
Monica Siallagan
Demak Purba
Widya Damanik
Pawer Darasa Panjaitan

Abstract

Peran pendidikan dalam mempersiapkan generasi 2045 sangat penting. Target yang dicanangkan pemerintah berupa munculnya generasi emas Indonesia dalam sepuluh atau dua puluh tahun kedepan yaitu dengan meluaskan kesempatan akses pendidikan lebih tinggi. Selain itu, dengan meningkatkan kualitas pendidikan sejalan dengan upaya meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru. Untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045, penting bagi dunia pendidikan melakukan perubahan pola pikir. Pendidikan tidak sekadar dimaknai dengan transfer akademik (keilmuan) saja, melainkan dilengkapi dengan karakter. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya Kampus Mengajar memberikan kesempatan kepada Universitas, Fakultas, dan dosen untuk menguatkan program belajar yang berbasis mahasiswa. Program ini juga menguatkan sisi soft-skill mahasiswa dalam proses belajarnya. Tujuan penulisan ini adalah mengevaluasi pelaksanaan program ini pada kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas dan termasuk Fakultas. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Koleksi data dilakukan melalui kegiatan observasi yang dilakukan sevara mendalam. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak pada proses pembelajaran meskipun belum optimal.

Article Details

How to Cite
Simarmata, A., Purba, R. F., Simbolon, J. ., Siallagan, M. ., Purba, D. ., Damanik , W. ., & Panjaitan, P. D. (2024). MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 164–169. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.203
Section
Artikel