EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LATIHAN SOAL BERBASIS AKM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI

Main Article Content

Shela Rahmwati
Nanang Khuzaini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan latihan soal berbasis AKM dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group desaign. Populasi yang digunakan ndalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sedayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X7 dan X8. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan penyebaran soal pretest dan posttest kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Statistika. Hipotestis penelitian ini adalah penggunaan latihan soal berbasis AKM dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi daripada pembelajaran langsung tanpa menggunakan latihan soal berbasis AKM. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan uji statistik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dimana hasil uji dari kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sig. 2 tailed < 0,05, uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan peningkatkan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 37,52 dan di kelas kontrol sebesar 24,48. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan latihan soal berbasis AKM lebih efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa dibandingkan pembelajaran tanpa latihan soal berbasis AKM.

Article Details

How to Cite
Rahmwati, S., & Khuzaini, N. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LATIHAN SOAL BERBASIS AKM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 248–253. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.211
Section
Artikel