PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Main Article Content

Bambang Irawan
Novia Ballianie
Lia Efriliyanti
Wira Alvio

Abstract

Penelitian ini mengkaji penanaman nilai-nilai karakter Islami dalam Kurikulum PAI di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yang melibatkan analisis berbagai sumber relevan terkait topik yang dibahas. Proses penelitian kajian pustaka dimulai dengan mengidentifikasi masalah yang akan diteliti, kemudian mengumpulkan referensi kepustakaan yang relevan, menyaring pustaka yang telah diperoleh, dan menyajikan data dalam bentuk tabulasi untuk dianalisis, sehingga menghasilkan temuan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, tujuan pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai karakter adalah membentuk individu yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Pendekatan holistik dan integratif menjadikan PAI krusial dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kepribadian sesuai dengan nilai-nilai Islam. Implementasi karakter Islami di sekolah melibatkan berbagai aspek pembelajaran dan lingkungan sekolah yang diintegrasikan secara baik dalam kurikulum PAI. Dengan pendekatan yang holistik dan terintegrasi, sekolah dapat membentuk siswa yang berprestasi secara akademis dan memiliki karakter sesuai dengan ajaran Islam. Ini mencakup integrasi nilai-nilai Islami dalam kurikulum, keteladanan guru, lingkungan sekolah yang mendukung, kegiatan ekstrakurikuler, serta keterlibatan orang tua dan komunitas.

Article Details

How to Cite
Irawan, B., Ballianie, N. ., Efriliyanti, L. ., & Alvio, W. . (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 225–232. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.222
Section
Artikel