Deskripsi Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Rasau Jaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemandirian belajar siswa kelas III SDN 1 Rasau Jaya. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemandirian belajar siswa antara lain: (1) sisawa mengerjakan tugas yang diberikan guru, (2) siswa melakukan refleksi diri pada akhir pembelajaran, (3) siswa mampu mengatur emosinya pada saat pembelajaran berlangsung, (4) siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran, (5) siswa melakukan kegiatan yang menunjukan sikap inisiatif, (6) siswa mengerjakan tugas secara mandiri, (7) siswa dapat mengendalikan dirinya pada saat pembelajaran berlangsung, (8) siswa melakukan sikap disiplin, (9) siswa menunjukan sikap percaya diri, (10) siswa dapat beradaptasi dengan teman sekelasnya. Instrumen pengumpulan data terdiri dari wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Rasau Jaya. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentasi kemandirian belajar siswa kelas III SDN 1 Rasau Jaya pada elemen pemahaman diri dan situasi yang dihadapi yaitu 62% dan pada elemen regulasi diri yaitu 65%. Selanjutnya diketahui bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kemandirian belajar siswa yaitiu ketidakmampuan siswa dalam menilai diri sendiri serta kurangnya inisiatif diri.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.