Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas 6

Main Article Content

Andila Nurul Hasanah
Silvia Maharani
Siti Salwa Salsabila
Hafiziani Eka Putri
Teten Ginanjar Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar dan bangun ruang di kelas 6. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika karena dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah yang lebih kompleks.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah yang meliputi perencanaan, pengembangan, dan uji coba instrumen. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 5 butir soal esai yang menguji aspek kreativitas siswa kelas 6 yang terdiri dari 18 siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel, serta memberikan gambaran yang jelas mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam  menyelesaikan soal matematika terkait bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan instrumen penilaian yang lebih baik dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan memberikan saran tentang strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, terutama dengan materi bangun datar dan bangun ruang

Article Details

How to Cite
Hasanah, A. N. ., Maharani, S., Salsabila, S. S. ., Putri, H. E. ., & Rahayu, T. G. . (2025). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas 6 . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 229–235. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.310
Section
Artikel