Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Islam: Epistemologi Ilmu Pengetahuan
Main Article Content
Abstract
Epistemologi, sebagai cabang filsafat yang mengkaji hakikat pengetahuan, memiliki peran yang sangat penting dalam dunia ilmu pengetahuan. Ia menyelidiki bagaimana pengetahuan dapat diperoleh, apa yang membedakan pengetahuan yang sahih dengan yang tidak sahih, dan bagaimana pengetahuan dapat dibenarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana epistemology ilmu pengetahuan dan filsafat ilmu manajemen Pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang sifatnya deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data-data yang bersumber dari perpustakaan, berupa buku-buku, karya akhir ilmiah mahasiswa, majalah, jurnal, serta data-data lain yang mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Epistemologi ilmu pengetahuan adalah bidang yang sangat penting dalam memahami cara kita memperoleh, mengembangkan, dan membenarkan pengetahuan. Melalui teori-teori epistemologi, kita dapat memetakan berbagai pendekatan yang digunakan dalam memperoleh pengetahuan ilmiah, baik melalui pengalaman empiris, deduksi rasional, maupun konstruksi sosial. Justifikasi kebenaran dan paradigma-paradigma yang ada memberikan wawasan mengenai kompleksitas pengetahuan ilmiah, serta tantangan-tantangan yang muncul dalam usaha kita untuk memahami dunia secara objektif .
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.