Penerapan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sunda pada Pembelajaran Matematika di Jawa Barat
Main Article Content
Abstract
Rendahnya kemampuan matematika pada siswa SD dalam memahami soal-soal matematika hingga masuk dalam kategori rendah sehingga kemampuan matematika siswa SD di Indonesia menempati peringkat ke-44 dari 49 negara dengan pencapaian skor 397 dari 500 skor internasionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur ini bertujuan untuk memperdalam bagaimana peran etnomatematika berbasis budaya lokal Sunda dalam pembelajaran matematika di Jawa Barat. Peneliti mengumpulkan data-data dari jurnal atau pustaka sebagai bahan penelitian dengan cara membaca, mencatat kemudian mengolah data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa adanya penerapan etnomatematika berbasis budaya lokal sunda dalam pembelajaran matematika dan pengaruhnya dalam penerapan etnomatematika berbasis budaya lokal sunda terhadap hasil belajar. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini, maka pendidik harus mempertimbangkan penggunaan etnomatematika dalam proses pembelajaran matematika. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen budaya lokal ke dalam kurikulum matematika, guru diharapkan dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih kontekstual dan bermakna
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.