Impelementasi Permainan Tradisional (Engklek, Dakon, dan Pasaran) dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SD
Main Article Content
Abstract
Permainan tradisional merupakan warisan budaya di setiap daerah yang perlu dilestarikan. Pada satuan pendidikan, guru dapat melestarikan permainan tradisional ke dalam materi pembelajaran salah satunya pembelajaran matematika. Mengingat adanya pembelajaran dengan model bermain yang mana karakteristik peserta didik senang bermain maka penerapan permainan tradisional tentu membuat peserta didik suka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan tradisional (engklek, dakon, dan pasaran) dalam meningkatkan minat belajar matematika di SD se-Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis permainan tradisional yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di SD se-Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh data penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika di SD se-Jawa Tengah sudah berjalan dengan baik. Jenis permainan tradisional yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di SD diantaranya permainan Engklek, Dakon, dan Pasaran. Implementasi permainan tradisional tersebut dapat dikatakan mampu meningkatkan minat belajar matematika peserta didik pada materi bangun datar, aritmatika sosial, pecahan, dan sebagainya
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.