Impelementasi Permainan Tradisional (Engklek, Dakon, dan Pasaran) dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SD

Main Article Content

Aulia Puspita Saputri
Rosa Rahayu Mintarsih
Saipul Almujab

Abstract

Permainan tradisional merupakan warisan budaya di setiap daerah yang perlu dilestarikan. Pada satuan pendidikan, guru dapat melestarikan permainan tradisional ke dalam materi pembelajaran salah satunya pembelajaran matematika. Mengingat adanya pembelajaran dengan model bermain yang mana karakteristik peserta didik senang bermain maka penerapan permainan tradisional tentu membuat peserta didik suka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan tradisional (engklek, dakon, dan pasaran) dalam meningkatkan minat belajar matematika di SD se-Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisis permainan tradisional yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di SD se-Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh data penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika di SD se-Jawa Tengah sudah berjalan dengan baik. Jenis permainan tradisional yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di SD diantaranya permainan Engklek, Dakon, dan Pasaran. Implementasi permainan tradisional tersebut dapat dikatakan mampu meningkatkan minat belajar matematika peserta didik pada materi bangun datar, aritmatika sosial, pecahan, dan sebagainya

Article Details

How to Cite
Saputri, A. P., Mintarsih, R. R., & Almujab, S. . (2025). Impelementasi Permainan Tradisional (Engklek, Dakon, dan Pasaran) dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SD . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 141–154. Retrieved from https://jurnal.pcmkramatjati.or.id/index.php/JIPMUKJT/article/view/321
Section
Artikel