Bahasa Indonesia dalam pendidikan: Membangun Generasi Unggul

Main Article Content

Rosmaida Lahagu
Jojor Febriana Nainggolan
Muhammad Rizky
Muhammad Helmi Fauzi Lubis
Imam Wahyudin
Benito Martua Lumban Tobing
Hendra Kurnia Pulungan

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam sistem pendidikan di Indonesia, berfungsi bukan hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai sarana untuk membangun karakter dan identitas generasi muda. Pendidikan memiliki peranan krusial dalam membangun generasi unggul yang mampu menghadapi tantangan zaman. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan harus beradaptasi dengan kebutuhan keterampilan abad 21, termasuk kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan. Artikel ini membahas pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan untuk menciptakan generasi unggul yang berkompetensi, kreatif, dan berwawasan luas. Melalui analisis kurikulum dan metode pengajaran, diungkapkan bahwa penguasaan bahasa Indonesia yang baik dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, memperkuat pemahaman budaya, dan memfasilitasi interaksi antar siswa dari berbagai daerah. Selain itu, tantangan yang dihadapi, seperti pengaruh bahasa asing dan penggunaan bahasa gaul di media sosial, juga dibahas untuk memberikan gambaran menyeluruh. Artikel ini menyimpulkan bahwa penguatan bahasa Indonesia dalam pendidikan adalah langkah strategis untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kecintaan terhadap bahasa dan budaya nasional.

Article Details

How to Cite
Lahagu, R., Nainggolan, J. F. ., Rizky, M., Fauzi Lubis, M. H. ., Wahyudin, I. ., Lumban Tobing, B. M. ., & Pulungan, H. K. . (2025). Bahasa Indonesia dalam pendidikan: Membangun Generasi Unggul. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 218–220. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.329
Section
Artikel