Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Islam

Main Article Content

Alfina Indah Febryanti
Ulfi Nabila

Abstract

Manajemen tenaga kependidikan berbasis nilai-nilai Islam merupakan strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen tenaga kependidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen tenaga kependidikan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan menunjukkan bahwa kompetensi tenaga kependidikan, yang mencakup aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, memainkan peran penting dalam pencapaian tujuan pendidikan berbasis Islam. Kendala seperti resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai Islam dapat diatasi melalui pelatihan berkelanjutan dan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan manajemen tenaga kependidikan berbasis nilai-nilai Islam tidak hanya meningkatkan mutu pendidikan tetapi juga membangun generasi yang unggul secara akademik dan moral.

Article Details

How to Cite
Febryanti, A. I., & Nabila , U. . (2025). Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Islam . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 208–211. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.341
Section
Artikel