Implementasi Program Sekolah Orangtua Hebat di Kelurahan Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif pelaksanaan Program Sekolah Orang Tua Hebat di Kota Madiun, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan secara cermat melalui berbagai cara, termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi yang secara khusus difokuskan pada pelaksanaan kebijakan SOTH di Kota Madiun. Proses analisis melibatkan kondensasi dan triangulasi data yang dikumpulkan, dengan fokus khusus pada teori implementasi kebijakan Merilee S. Grindle. Teori ini mengkaji baik isi maupun konteks kebijakan, serta tantangan yang dihadapi selama implementasinya. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Program Sekolah Orang Tua Hebat telah berhasil mencapai tujuan utamanya untuk menurunkan angka stunting di Kota Madiun hingga 4,7%. Capaian ini konsisten dengan tujuan yang ditetapkan dalam Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun No. 096/1207/401.103/2022. Keberhasilan program ini berkat upaya bersama antara pemerintah, pemangku kepentingan, dan inisiatif sosialisasi yang efektif, yang secara signifikan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya stunting. Namun, penelitian ini menyoroti bahwa implementasi program dapat lebih dioptimalkan jika semua aspek kebijakan dipatuhi dengan ketat dan didukung secara aktif oleh masyarakat. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan utama, yaitu kebutuhan akan sumber daya yang memadai untuk memastikan efektivitas upaya sosialisasi. Lebih jauh, penelitian ini terbatas pada analisis implementasi melalui sudut pandang teori Grindle (1980) dan tidak mengeksplorasi proses pengambilan keputusan yang terlibat dalam program. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran pelaksana dalam mengatasi tantangan kebijakan dan memperluas jangkauan program di seluruh Kota Madiun.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.