Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Latters Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Untuk Usia 5-6 Tahun
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain One-Group Presetest-Posttest Design. Dalam desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Hasil uji coba pre-test dan post-test menunjukan signifikasi sebesar 0.000. Mengacu pada dasar pengambilan sebuah keputusan yang dimana nilai signifikasi 0.000 < 0,05 maka terdapat perbedaan hasil nilai pre-test dan nilai post-test. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. dilihat dari rata-rata pretest dan post test, Hasil Rata-rata Nilai dari Pre-Test diketahui bahwa dalam kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media sandpaper Letters masih kurang berkembang. Karena dari ke empat indikator observasi sebagian besar masih terdapat anak yang belum mencapai kriteria penilaian anak berkembang sesuai harapan dengan jumlah rata-rata 12,2. Setelah menggunakan media sandpaper letters kemampuan anak mengalami kemajuan ini dilihat dari hasil rata-rata nilai pro-test sebesar 17,95. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pengaruh dari penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Letters terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 anak usia 5-6 Tahun. 2) Mengetahui tingkat keefektivitasan penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Letters terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 anak usia 5-6 Tahun.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.