Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Imla’ di Era Transformatif pada Siswa MTS: Analisis Peluang Tantangan dan Solusi
Main Article Content
Abstract
Penerapan metode Imla' menghadapi berbagai tantangan, termasuk akses teknologi dan kurangnya pelatihan guru. Meskipun terdapat tantangan yang ada, peluang untuk mengembangkan metode Imla' melalui integrasi teknologi dan pendekatan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tematik di kelas VIII MTsN 2 Pacitan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Imla' di MTsN 2 Pacitan yang dipadukan dengan aplikasi digital kahoot dan jamoard mendongkrak keterlibatan siswa dan meningkatkan kemajuan mereka dalam menulis. Tantangan tetap ada, termasuk distribusi teknologi yang tidak merata. Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan akses teknologi, pelatihan untuk guru dan siswa, dan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran. Dengan penerapan solusi ini, diharapkan keterampilan siswa dalam menulis Bahasa Arab dapat ditingkatkan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan efektif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.