Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Metode Demonstrasi Berbasis Media Miniatur Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi menggunakan media miniatur dalam meningkatkan nilai dan kualitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 59 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 76,2% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Daya serap klasikal juga meningkat dari 73% menjadi 92%. Dengan demikian, metode demonstrasi menggunakan media miniatur terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.