Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angkat Melalui Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenal angka melalui pendekatan steam (science, technology, engineering, art, mathematic) pada anak usia 5-6 di TK Pertiwi Piasa wetan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 3 kali pada pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas B sebanyak 22 anak yang terdiri dari 14 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Pengumpulan data melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar anak mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 sampai dengan siklus 2. Pada pratindakan presentase kemampuan berhitung anak hanya sekitar 40%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 60%, dan siklus ke 2 meningkat menjadi 90%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.