Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bandar
Main Article Content
Abstract
Peran guru Akidah Akhlak sangat krusial dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA Muhammadiyah Bandar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi guru Akidah Akhlak dalam membangun karakter islami siswa, serta mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dan strategi yang diterapkan dalam proses tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, kepala madrasah, dan siswa, serta pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai teladan, pembimbing, dan motivator dalam pembentukan karakter siswa. Beberapa strategi yang diterapkan mencakup metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, serta penguatan program Jumat Berkah sebagai bentuk pengajaran yang berbasis nilai. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan yang dihadapi, seperti kurangnya dukungan dari keluarga dan pengaruh negatif dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk membangun kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat agar efektivitas pembelajaran akidah akhlak dapat ditingkatkan, sehingga karakter islami siswa dapat berkembang dengan lebih kuat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.