PENERAPAN SEMBILAN PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEBERSIHAN, KERAPIAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN (K-4) di TK

Main Article Content

Siti Bariroh
Etiyasningsih Etiyasningsih
Adrijanti Andrijanti

Abstract

Penerapan pendidikan karakter untuk anak usia dini, pendidikan TK, menjadi penting karena anak usia dini adalah masa emas untuk menyerap segala informasi tentang dunia luar. Oleh karena itu, pendidikan karakter 9 pilar dan K-4 menjadi penting. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan modul pembelajaran dari Megawangi (2009). Data diambil dari kuesioner dan silabus guru kelas. Disimpulkan bahwa: 1) Setiap anak harus mempunyai karakter dan karakter untuk kehidupan di setiap insan manusia, karakter harus ditanamkan dan menjadi dasar bagi anak sejak dini. 2) Kehidupan anak-anak sebelum pengembangan pembiasaan yang lainnya dilakukan dan kemampuan dasar dikembangkan dengan mengasah diri anak. 3) pengembangan pilar 9 karakter dan K-4 dalam pelaksanaan pendidikan karakter tidak bisa di pisah-pisahkan satu persatu, karenanya itu merupakan rangkaian satu paket yang implikasi di lapangan saling terkait satu dengan lainnya dalam pembentukan sikap dan pembiasaannya sehingga menjadi sempurna. Serta sebaiknya dalam melatih kemampuan diri siswa demi menuju kearah hidup yang lebih baik dilakukan dengan konsep pembiasaan dan contoh teladan, dengan metode bercerita, diskusi, sosiodrama, dan menyanyi.

Article Details

How to Cite
Bariroh, S., Etiyasningsih, E., & Andrijanti, A. . (2023). PENERAPAN SEMBILAN PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEBERSIHAN, KERAPIAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN (K-4) di TK . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 58–68. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i2.100
Section
Artikel