UPAYA PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MELALUI METODE PERMAINAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Tujuan pendidikan jasmani yaitu bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran serta tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olahraga. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumberharjo,Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan September sampai Desember 2022 pada kelas V yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan empat komponen penelitian. Data yang di peroleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, pengamatan, dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data kualitatif dalam catatan yang diperoleh pada saat pembelajaran kemudian menjadi kalimat- kalimat yang bermakna dan dianalisis secara kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan cara persentatif. Hasil penelitian bahwa bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat pada siswa kelas 5 SD Negeri Sumberharjo. Permainan yang dilakukan yaitu permainan zig-zag, lari masuk ban, lari meletakkan kardus dan lari hitam hijau terbukti dapat meningkatkan motivasi, kerjasama, dan perkembangan gerak lari cepat siswa. Hasil akhir siklus kedua pertemuan kedua menunjukkan motivasi 100% anak kategori baik. Kerjasama 92% anak kategori baik, 8% anak kategori cukup. Perkembangan gerak lari cepat 100% anak kategori baik. Perlu penerapan dalam pembelajaran lari cepat melalui bermain pada siswa. Jenis permainan yang diberikan adalah permainan yang menggembirakan namun tetap memperhatikan keseriusan dalam penerapannya.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.