PENERAPAN PROBLEM SOLVING LABORATORY (PSL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA MATA KULIAH IPA MI/SD PRODI PGMI FAKULTAS TARBIYAH ISIMU PACITAN SEMESTER II TAHUN 2020/ 2021
Main Article Content
Abstract
Penerapan model problem solving laboratory berbasis inquiry pada mata kuliah IPA MI/SD pada mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah ISIMU Pacitan semester II tahun 2020/2021 untuk meningkatkan pemahaman materi pesawat sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata praktikum bidang miring dan katrol pada kelas eksperimen 88,82 dan 85,23. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 86,60 dan 82,33 untuk praktikum resultan gaya dan katrol. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa untuk praktikum bidang miring dan praktikum katrol sedangkan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai praktikum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pesawat sederhana pada kelas eksperimen setelah melaksanakan praktikum bidang miring dan katrol dengan penerapan problem solving laboratory berbasis inquiry.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.