PENERAPAN PROBLEM SOLVING LABORATORY (PSL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA MATA KULIAH IPA MI/SD PRODI PGMI FAKULTAS TARBIYAH ISIMU PACITAN SEMESTER II TAHUN 2020/ 2021

Main Article Content

Diah Wahyuningsih

Abstract

Penerapan model problem solving laboratory berbasis inquiry pada mata kuliah IPA MI/SD pada mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah ISIMU Pacitan semester II tahun 2020/2021 untuk meningkatkan pemahaman materi pesawat sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata praktikum bidang miring dan katrol pada kelas eksperimen 88,82 dan 85,23. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 86,60  dan  82,33  untuk  praktikum  resultan  gaya  dan  katrol. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa untuk praktikum bidang miring  dan praktikum katrol  sedangkan  sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai praktikum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pesawat sederhana pada kelas eksperimen setelah melaksanakan praktikum bidang miring dan katrol dengan penerapan problem solving laboratory berbasis inquiry.

Article Details

How to Cite
Wahyuningsih, D. . (2022). PENERAPAN PROBLEM SOLVING LABORATORY (PSL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA MATA KULIAH IPA MI/SD PRODI PGMI FAKULTAS TARBIYAH ISIMU PACITAN SEMESTER II TAHUN 2020/ 2021. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 57–63. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.129
Section
Artikel