PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SDN 1 TULUNG HARAPAN KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan program sekolah penggerak di SD Negeri 1 Tulung Harapan, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan utama adalah kepala sekolah dan informan pendukung adalah guru. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk meningkatkan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sekolah penggerak di SD Negeri 1 Tulung Harapan telah berjalan baik, fokus pada pengembangan holistik siswa, termasuk kompetensi dan karakter. Kepala sekolah dan guru yang unggul berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sarana dan prasarana memadai menjadi faktor pendukung, sedangkan hambatan terletak pada lemahnya sumber daya manusia (guru) yang masih mengadopsi paradigma pembelajaran lama. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan efektivitas program sekolah penggerak di sekolah-sekolah sejenis.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.