PELAKSANAAN INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG

Main Article Content

Handini Anggun Pratiwi
Febriyanti
zulkipli

Abstract

Studi ini menginvestigasi proses inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di SD Islam Cendikia Faiha Palembang serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melalui pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, temuan menunjukkan bahwa koordinasi, komunikasi, pengarahan, dan pemberian motivasi memainkan peran penting dalam manajemen inventarisasi tersebut. Para pemangku kepentingan, termasuk Wakil Kepala Sarpras, Kepala Sekolah, dan Kepala Tata Usaha, bekerja sama secara efektif dalam pencatatan, pemberian kode, dan pelaporan untuk memastikan kelancaran proses inventarisasi. Komunikasi yang baik antara berbagai pihak terlibat juga ditemukan dalam setiap tahapan proses inventarisasi. Pengarahan yang tepat dari pemimpin sekolah juga berperan dalam memastikan bahwa proses inventarisasi dilakukan dengan benar dan efisien. Selain itu, pemberian motivasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan juga berperan dalam meningkatkan kinerja dan semangat dalam menjalankan tugas inventarisasi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran koordinasi, komunikasi, pengarahan, dan motivasi dalam manajemen inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di institusi pendidikan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas yang optimal. Upaya untuk mengatasi faktor-faktor penghambat juga diperlukan agar kualitas dan kelancaran berbagai kegiatan pendidikan di sekolah dapat terjamin melalui manajemen inventarisasi yang baik.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, H. A., Febriyanti, & zulkipli. (2024). PELAKSANAAN INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.148
Section
Artikel