PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK

Main Article Content

Ulfa Zakaria
Rolan K Daud

Abstract

Penelitian ini membahas pemerolehan morfologi dan sintaksis pada seorang anak berusia 1 tahun 5 bulan bernama Syakir. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik Observasi, hasil pengamatan menunjukkan bahwa Syakir telah mencapai perkembangan bahasa yang sesuai dengan usianya. Hasil penelitian dalam pemerolehan morfologi, Syakir memanfaatkan beragam kata untuk menyampaikan tindakan, objek, dan hubungan keluarga dengan morfem yang sesuai. Lingkungan sehari-hari, khususnya interaksi dengan keluarga, berperan penting dalam perkembangan bahasanya. Pada tingkat sintaksis, Syakir mampu menyusun kalimat dengan pola struktur yang memadai, meskipun masih terdapat ketidaksempurnaan bunyi yang normal pada usia tersebut. Interaksi positif dengan lingkungan keluarga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan sintaksis anak. Kesimpulannya, kesadaran terhadap pengaruh lingkungan dalam pemerolehan bahasa anak usia dini dapat menjadi dasar untuk upaya pengasuhan dan pendidikan yang lebih efektif.

Article Details

How to Cite
Zakaria, U., & Daud, R. K. (2023). PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i1.150
Section
Artikel