PENGHAPUSAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA IBA PALEMBANG

Main Article Content

Ibrahim Ibrahim
Mirna Pitria
Kris Setyaningsih

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penghapusan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA IBA Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Waka Sapras, Kepala Sekolah, Kepala TU dan Staff TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di SMA IBA Palembang sudah berjalan cukup baik, melalui beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses penghapusan, mulai dari pembentukan tim yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka mengadakan rapat terlebih dahulu agar terbentuknya tim penghapusan sarana dan prasarana, tim diberikan tugas untuk mengidentifikasi jenis barang mana saja yang akan dihapus, mengumpulkan sarana dan prasarana yang akan dihapus ke gudang, proses inventarisasi tetapi dalam hal ini pihak sekolah tidak menginventaris jenis barang mana saja yang akan dihapus , mengajukan usulan ke instansi tetapi dalam hal ini pihak sekolah tidak mengajukan usulan penghapusan ke instansi, memeriksa kembali barang-barang yang dihapus agar memastikan kebenaran barang mana saja yang akan dihapus, selanjutnya tim penghapusan sarana dan prasarana ditunjuk untuk melakukan penghapusan.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, I., Mirna Pitria, & Setyaningsih, K. (2024). PENGHAPUSAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA IBA PALEMBANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 6–16. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.155
Section
Artikel