PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SDN 30 PINRANG

Main Article Content

Khairunnas Khairunnas
Munirah Munirah
Andi Syamsul Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode chain writing terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 30 Pinrang. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode ekperimen dengan desain penelitian pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik ananlisis data yaitu teknik analisis deskriptif dan dan teknik analisis inferensial melalui uji normalitas dan uji paired sample test. Hasil penenlitian yang ditemukan adalah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode chain writing memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 63,66, sementara nilai rata-rata posttest memperoleh nilai sebesar 78,33. berdasarkan pada uji paired sample test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain menggunakan uji paired sample test dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel, diperoleh nilai thitung 8,513 > ttabel 2,145 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dikatakan metode chain writing berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 30 Pinrang.

Article Details

How to Cite
Khairunnas, K., Munirah, M., & Alam, A. S. (2024). PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SDN 30 PINRANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 337–343. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.160
Section
Artikel