KREATIFITAS TUTOR KESETARAAN PAKET A DALAM MENGELOLA MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI PKBM PATRIOTIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreatifitas tutor dalam mengelola media pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA di PKBM Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Untuk mendapatkan hasil terhadap permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas tutor dalam mengelola media pembelajaran IPA di PKBM Patriotik belum optimal dan akibatnya kualitas pendidikannya masih jauh dari yang diharapkan. Hal ini didukung oleh rendahnya animo mayarakat untuk mengikutsertakan anaknya sebagai warga belajar di satuan PKBM tersebut serta adanya kendala yang dialami oleh tutor dalam mengelola media pembelajaran di antaranya: (a) kegiatan pembelajaran sering hanya dimonopoli oleh tutor untuk menjelaskan isi materi pelajaran, (b) sering menimbulkan sikap bosan warga belajar, yaitu jika media pembelajaran yang digunakan sudah usang atau materi yang diajarkan sudah diketahui oleh warga belajar, (c) kurangnya media pembelajaran pendukung lainnya yang representatif, dan (d) masih adanya tutor yang belum dapat mengembangkan materi yang terdapat di dalam media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.