Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus di Kelas V MI Muhammadiyah Ngadirejan

Main Article Content

Alista Ajeng Prindyatno
Itsnaini Muslimati Alwi

Abstract

Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang memiliki struktur sangat kompleks, tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di masing-masing lembaga Pendidikan tidak terlepas dari beragam problematika. Penelitian ini membahas tentang problematika pembelajaran bahasa arab dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab di Kelas V MI Muhammadiyah Ngadirejan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja problematika dalam pembelajaran bahasa arab, faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, dan solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi problematika yang ada. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu kepala sekolah, guru pengampu bahasa arab, dan beberapa siswa kelas V MI Muhamamdiyah Ngadirejan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Ngadirejan  dengan waktu penelitian dari tanggal 25 april 2024 hingga 06 mei 2024. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya problematika dalam pembalajaran bahasa arab yang tidak hanya berasal dari siswa namun juga berasal dari guru pengajar, lingkungan sekolah, dan orangtua. Banyak faktor juga yang mempengaruhi minat siswa dalam belajar bahasa arab salah satunya yaitu belum adanya kolaborasi sekolah dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Prindyatno, A. A., & Alwi, I. M. . (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus di Kelas V MI Muhammadiyah Ngadirejan. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 149–156. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.176
Section
Artikel