Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Spasial Siswa SMP Pada Materi Kesinambungan

Main Article Content

Gilang Fathurrohman Fattah
Loviga Denny Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele terhadap kemampuan spasial siswa pada materi kesebangunan. Objek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII B di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas serta uji T-test (Paired Sample T-Test). Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan signifikan 0,215 (Pre-Test) dan 0,157 (Post-Test) yang menunjukkan signifikansi > 0,05 (berdistribusi normal). Rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele dari 40,57 menjadi 70,19 dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00< 0,05 (efektif). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis teori Van Hiele memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial siswa.

Article Details

How to Cite
Fattah, G. F., & Pratama, L. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Spasial Siswa SMP Pada Materi Kesinambungan . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 196–204. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.205
Section
Artikel