PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Main Article Content

Eka Yusnaldi
Anggun Dela Puspita
Annisa Balqis
Laila Nadya
Naila Audiva Hutasuhut
Shadrina Azzahra Lubis

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan metode belajar yang dilaksanakan dengan bekerja sama antar siswa, sehingga nantinya siswa tidak semata mencapai kesuksesan secara individual atau saling mengalahkan antar siswa. Namun mereka jugabisa membantu teman belajarnya yang berkemampuandi bawah standar minimum. Dengan demikian tumbuhlah jiwa sosial dalam diri siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran koperatiflearning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara konseptual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan dimana segala sumber baik primer maupun sekunder semuanya berasal dari literatur-literatur baik yang bersumber dari buku maupun jurnal. Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran cooperativelearning cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI, karena siswa ditekankan untuk mengkaitkan antar materi sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dengan baik. Ketika proses pembelajaran dilaksanakan, siswa akan lebih aktif dan antusias dalam mengikutinya. Model pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek memahami materi, namun juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah, analisis kritis dan keterampilan lain yang dibutuhkan siswa. Model ini didesain agar siswa tidak mudah jenuh dalam belajar, tertekan atau stress karena akan membuat proses pembelajaran menjadi bervariasi. Namun dalam penerapan model pembelajaran ini waktu yang dibutuhkan cukup lama yang menyebabkan tidak tercapainya target kurikulum, membutuhkan keterampilan khusus yang dimiliki guru dalam memahami strategi belajar kooperatif, serta membutuhkan sifat Kerja sama yang tumbuh dalam diri siswa.

Article Details

How to Cite
Yusnaldi, E., Puspita, A. D., Balqis, A. ., Nadya, L., Hutasuhut, N. A. ., & Lubis, S. A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 192–200. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.212
Section
Artikel