Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan dalam Pembelarajan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di Kelas V: Studi Kasus di SDN 3 Buwaran

Main Article Content

Alvita Rizki Maula
Wawan Shokib Rondli

Abstract

Dalam hal ini pendidikan kita erat kaitannya dengan pendidikan kewarganegaraan yang mengandung nilai-nilai Pancasila, dimana Pancasila sendiri merupakan dasar negara Republik Indonesia. Maka dengan nilai-nilai Pancasila tersebut selain dapat membangun karakter siswa juga dapat mencegah pengamalan nilai-nilai Pancasila agar tidak memudar. Oleh karena itu, perlu ditanamkan dan diajarkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik. Tujuan mempelajari Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dasar dan keterampilan hubungan sipil, serta pendidikan persiapan untuk membela negara agar menjadi warga negara yang dapat dipercaya oleh masyarakat dan negara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian juga menggunakan metode atau pendekatan berupa Studi Kasus. Penelitian ini memusatkan perhatian pada perilaku tertentu pada salah satu kelas yang dijadikan sampel penelitian di SD N 3 Buwaran. berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai kebangsaan yang dapat diterapkan pada peserta didik di SDN 3 Buwaran yaitu (1) kebersamaan (2) rukun dan melaksanakan ibadah sesuai agama nya masing-masing tanpa ada halangan dan (3) cinta tanah air dan bangsa.

Article Details

How to Cite
Maula, A. R., & Rondli, W. S. . (2024). Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan dalam Pembelarajan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di Kelas V: Studi Kasus di SDN 3 Buwaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 326–332. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.218
Section
Artikel