Analisis Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V di SD 3 Tenggeles

Main Article Content

Eka Nanda Banowati
Wawan Shokib Rondli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan pancasila dalam upaya meningkatkan karakter siswa kelas V SD 3 Tenggeles. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus utama penelitian adalah melihat bagaimana nilai-nilai Pancasila diintegrasikan dalam proses pembelajaran dan dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Selain itu, guru juga mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap mata pelajaran. Implementasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan karakter siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan kerjasama di antara siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya dan fasilitas pendukung. Oleh karena itu, direkomendasikan adanya peningkatan dukungan dari pihak sekolah dan pemerintah untuk memperbaiki sarana dan prasarana serta pelatihan bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila guna meningkatkan pembentukan karakter siswa di tingkat sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Banowati, E. N., & Rondli, W. S. . (2024). Analisis Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V di SD 3 Tenggeles . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 339–344. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.219
Section
Artikel