PERSPEKTIF REGULASI PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENJAWAB TANTANGAN DAN PELUANG DOSEN DI ERA 4.0 PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Main Article Content

Rd. Bily Parancika Rd. Bily Parancika
Mohammad Aris
Sylviana Sylviana

Abstract

Masyarakat dunia, khususnya dosen harus menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang terjadi karena revolusi saat ini. Perubahan demografi, aspek sosial, ketidakstabilan politik, keterbatasan sumber daya, risiko bencana dan tuntutan penerapan teknologi muncul karena suatu negara mengikuti revolusi yang terjadi. Adapun revolusi yang menjadi tantangan dan juga memunculkan peluang di masa kini adalah revolusi industri 4.0. Penerapan era ini menghasilkan kesenjangan utamanya dalam kehidupan di perguruan tinggi. Dengan demikian, apabila dilihat berdasarkan regulasinya maka perlu adanya perspektif dalam memanfaatkan tantangan tersebut menjadi peluang yang lebih luas bagi dosen. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk menghasilkan data, sehingga proses pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menelaah dokumen-dokumen dalam bentuk elektronik online yang relevan dalam menunjang penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dosen bahasa Indonesia perlu menghadirkan literasi baru dalam mengimplementasikan teknologi, dunia maya dan manusia. Revolusi industri ini mengharuskan perguruan tinggi menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dalam teknologi, big data dan dapat menjadi sumber daya yang berkualitas

Article Details

How to Cite
Rd. Bily Parancika, R. B. P., Aris, M., & Sylviana, S. (2024). PERSPEKTIF REGULASI PENDIDIKAN TINGGI DALAM MENJAWAB TANTANGAN DAN PELUANG DOSEN DI ERA 4.0 PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 201–214. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.220
Section
Artikel