Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Pada Era Digital di Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Helvetia

Main Article Content

Muhammad Ardiansyah
Saddam Maulana
Shakila Putri Suhara
Uswatun Hasanah

Abstract

Di era digital, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Madrasah Tsanawiyah (MTs) PAB 1 Helvetia perlu beradaptasi dengan perubahan ini untuk tetap relevan dan efektif dalam memberikan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh MTs PAB 1 Helvetia untuk memaksimalkan potensi era digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, serta analisis dokumen institusional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar, pelatihan digital bagi tenaga pendidik, serta pengembangan kurikulum berbasis digital merupakan strategi utama yang efektif dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang era digital. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menghadapi tuntutan zaman.

Article Details

How to Cite
Ardiansyah, M., Maulana, S. ., Suhara, S. P. ., & Hasanah, U. . (2024). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Pada Era Digital di Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Helvetia . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.223
Section
Artikel