Upaya Meningkatkan Kreativitas dengan Media Pasir Warna Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Sadang

Main Article Content

Widotun Khasanah
Nahdiyah Hidayah

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu karakter penting untuk dikembangkan pada anak terutama pada anak usia dini. Kreativitas tidak banya menjadikan anak lebih percaya diri dan kreatif namun juga melatih pikirannya untuk berkreasi baik dalam berpikir maupun membuat suatu karya.  Pemanfaatan media pasir warna menjadi salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media pasir warna. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan terhadap 20 anak didik berusia 5 6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik kualitatif dan kuantitatif. Kreativitas anak pada pra siklus sebesar 23%, siklus I sebesar 58%, dan siklus II sebesar 86%. Hasil penelitian menunjukkan media pasir warna dapat meningkatkan kreativitas anak.

Article Details

How to Cite
Khasanah, W., & Hidayah, N. (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas dengan Media Pasir Warna Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Sadang. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 272–277. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.226
Section
Artikel