Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Media Dadu Putar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sadang

Main Article Content

Lestari Lestari
Anti Isnaningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kosakata melalui media dadu putar pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Sadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 10 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan kosakata dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan kosakata anak mencapai 60% dari jumlah anak secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata. Hal ini dibuktikan pada saat pra siklus kemampuan kosakata hanya 12% kemudian setelah diadakannya penelitian tindakan kelas kemampuan kosakata mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 30% dan pada siklus II menjadi 70%. Hasil penelitian membuktikan bahwa media dadu putar dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak.

Article Details

How to Cite
Lestari, L., & Isnaningsih, A. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Media Dadu Putar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sadang . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 314–320. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.237
Section
Artikel