INTEGRASI KARAKTER ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

Main Article Content

Shabran Shabran
Deni Putra

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang integrasi karakter Islami pada peserta didik di sekolah dengan menggunakan metode kajian pustaka. Kajian pustaka, atau penelitian literatur, melibatkan analisis berbagai informasi konseptual dan data kualitatif serta kuantitatif dari artikel ilmiah yang telah dipublikasikan sebelumnya. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa integrasi karakter Islami pada peserta didik di sekolah melalui kurikulum berbasis Islami bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai dan ajaran Islam ke dalam seluruh aspek pendidikan. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki akhlak yang mulia dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kultur Islami merujuk pada budaya dan lingkungan yang dipengaruhi oleh nilai-nilai dan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ini mencakup segala aspek interaksi dan kegiatan dalam masyarakat yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, yang bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter Islami.

Article Details

How to Cite
Shabran, S., & Putra, D. (2022). INTEGRASI KARAKTER ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 2(2), 76–83. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v2i2.238
Section
Artikel