IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK MUSLIMAT NU 17 TARBIYATUL MASYITHOH SADANG

Main Article Content

Titik Maryanah
Risdianto Hermawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep permainan Balok dalam meningkatkan kreativitas anak. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kreativitas anak salah satunya dengan permainan balok. Permainan Balok merupakan salah satu bentuk Alat Permainan Edukatif (APE), sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Dewan Kesejahteraan Nasional sejak tahun 1972. Alat permainan edukatif yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengembangkan seluruh aspek kemampuan anak. Dengan adanya permainan balok, pembelajaran di Taman Kanak-kanak menjadi tidak monoton. Permainan balok dapat di implementasikan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu kreativitas anak yang harus dikembangkan sejak dini. Berdasarkan hasil penelitian implementasi permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Implementasi permainan balok di TK Muslimat NU 17 Tarbiyatul Masyithoh dilaksanakan dengan mengikuti prinsip manajamen.

Article Details

How to Cite
Maryanah, T., & Hermawan, R. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK MUSLIMAT NU 17 TARBIYATUL MASYITHOH SADANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 329–331. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.241
Section
Artikel