Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Intregate Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca dan Pemahaman Muatan Bahasa Indonesia

Main Article Content

Alfira Apriona Liza
Aslam Aslam

Abstract

Sekolah rata-rata masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan model  CIRC diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik yang merasa kurangnya motivasi saat pembelajaran bahasa indonesia, terutama dalam kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV SDN Batu Ampar 08 Pagi. Menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen hasil yang didapatkan oleh penelitian ini yaitu rata-rata kelas eksperimen mencapai 87,4 dengan perlakuan yang artinya sudah mencapai KKM. Sedangkan rata – rata hasil kelas kontrol hanya mencapai 72,1 yang tidak mencapai KKM. Hasil Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) menghasilkan 0,145 > 0,05 pada pre-test dan nilai sig. (2-tailed) menghasilkan 0,000 < 0,05 pada post-test, maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and   Composition (CIRC) terhadap hasil membaca pemahaman muatan bahasa Indonesia kelas IV SDN Batu Ampar 08 Pagi.

Article Details

How to Cite
Apriona Liza, A., & Aslam, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Intregate Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca dan Pemahaman Muatan Bahasa Indonesia . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 249–253. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.249
Section
Artikel