Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV

Main Article Content

Tiara Ajeng Anggraini
Aslam Aslam

Abstract

Pembelajaran di kelas IV didasari atas rendahnya kreativitas belajar siswa terhadap pembelajaran IPA, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPAS, dan penerapan model pembelajaran yang belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SDI Al Mushanifiyah.Penelitian kuantitatif ekperimen dengan desain ulang (pretest-posstest control group desain). Sampel penelitian kelas IV SDI Al Mushanifiyah berjumlah 30 orang. Metode pengmpulan data menggunakan tes sejumlah 15 soal. Analisis data menggunakan normalitas, homogenitas, dan Independent Sample T Test.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dari model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SDI Al Mushanifiyah. Skor tertinggi 100 dan terendah 40. Nilai sig. (2-tailed) independent t-test adalah 0,007<0,05 sehingga Ha diterima. Pembelajaran IPAS dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih mudah dipahami dalam materi pembelajaran tentang budaya dan peninggalan Sejarah di lingkungan sekitar karena siswa dapat membuktikan secara langsung bahwa budaya dan peninggalan Sejarah di lingkungan sekitar. Pembelajaran menjadi lebih aktif, dengan berkelompok untuk saling bertukar pikiran dalam memecahkan masalah serta mengerjakan tugas dan suasana belajar menjadi menyenangkan

Article Details

How to Cite
Anggraini, T. A. ., & Aslam, A. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 260–266. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.250
Section
Artikel