Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK PGRI Sukajadi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini melalui penerapan metode bercerita di TK PGRI Sukajadi. Metode bercerita dipilih karena dianggap sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang suka mendengarkan cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK PGRI Sukajadi yang berjumlah 10 peserta didik khususnya kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Pada pra siklus menunjukan 39,37% siklus I, persentase anak yang memiliki keterampilan berbicara baik mencapai 66,25%, dan meningkat menjadi 86,87% pada siklus II denagn jumlah IKM 71 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bercerita efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini di TK PGRI Sukajadi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.