Menstimulus Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual di TK Tunas Karya II Panyairan Cianjur

Main Article Content

Nani Setia
Arie Widiyastuti
Nina Yuminar Priyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini melalui media audio visual dan untuk mengetahui apakah media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah  PTK Model ini banyak dipakai karena sederhana dan mudah dipahami. Tahapan PTK model Kemmis McTaggart meliputi  Perencanaan (Plan), Pelaksanaan Dan Pengamatan (Act & Observe), Dan Refleksi (Reflect). Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK Tunas Karya II Panyairan yang berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat menstimulus kemampuan menyimak pada anak usia dini. Pada penelitian pra siklus menunjukan 39,58% dan pada siklus I, 64,58% anak menunjukkan peningkatan kemampuan menyimak, dan meningkat menjadi 84,38%  pada siklus II dengan jumlah KKM 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual efektif dalam menstimulus kemampuan menyimak pada anak usia dini di TK Tunas Karya II Panyairan

Article Details

How to Cite
Setia, N., Widiyastuti, A. ., & Yuminar Priyanti, N. . (2024). Menstimulus Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual di TK Tunas Karya II Panyairan Cianjur . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 267–273. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.259
Section
Artikel