Upaya Pengenalan Huruf Vokal Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini di TK Melati Mekar Pertiwi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengenalan huruf vokal melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di TK Melati Mekar Pertiwi, serta untuk menyiarkan apakah metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf vokal. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis, yang fokus pada pengembangan praktik pembelajaran secara sistematis dan berkelanjutan. Model ini terdiri dari tahapan Perencanaan (Plan), Pelaksanaan dan Pengamatan (Act & Observe), dan Refleksi (Reflect), yang dilakukan secara berulang melalui pra siklus, Siklus I, dan Siklus II.
Subjek penelitian melibatkan 10 anak kelompok B, terdiri dari 4 perempuan dan 6 laki-laki. Hasil menunjukkan bahwa pengenalan huruf vokal sebelum penerapan metode bernyanyi berada di angka 36,23%. Pada Siklus I, angka ini meningkat menjadi 63,75%, dan pada Siklus II mencapai 84,37%. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70%, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan pengenalan huruf vokal.Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bernyanyi tidak hanya meningkatkan kemampuan pengenalan huruf vokal, tetapi juga membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan mudah diingat bagi anak usia dini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.