Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Read Aloud di TK Pertiwi Campaka
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode bercerita, khususnya melalui kegiatan read aloud , dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi Campaka. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terkenal sederhana dan mudah dipahami. Proses PTK ini terdiri dari beberapa tahapan: Perencanaan (Plan), Pelaksanaan dan Pengamatan (Act & Observe), dan Refleksi (Reflect), yang dilakukan secara berulang hingga tujuan penelitian tercapai. Subjek penelitian melibatkan 11 anak dari kelompok B di TK Pertiwi Campaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membaca nyaring secara signifikan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Presentase perkembangan bahasa sebelum penerapan kegiatan (pra siklus) adalah 37,50%, meningkat di siklus I menjadi 61,93%, dan mencapai 86,36% di siklus II. Dengan Indeks Kinerja Minimal (IKM) sebesar 70%, dapat disimpulkan bahwa kegiatan read aloud efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini, terutama pada kelompok B TK Pertiwi Campaka.Penelitian ini menekankan pentingnya metode bercerita dalam mendukung perkembangan bahasa anak, yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di lingkungan pendidikan anak usia dini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.