Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Read Aloud di TK Pertiwi Campaka

Main Article Content

Revi Rahmawati
Arie Widiyastuti
Lily Yuntina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode bercerita, khususnya melalui kegiatan read aloud , dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi Campaka. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terkenal sederhana dan mudah dipahami. Proses PTK ini terdiri dari beberapa tahapan: Perencanaan (Plan), Pelaksanaan dan Pengamatan (Act & Observe), dan Refleksi (Reflect), yang dilakukan secara berulang hingga tujuan penelitian tercapai. Subjek penelitian melibatkan 11 anak dari kelompok B di TK Pertiwi Campaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membaca nyaring secara signifikan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Presentase perkembangan bahasa sebelum penerapan kegiatan (pra siklus) adalah 37,50%, meningkat di siklus I menjadi 61,93%, dan mencapai 86,36% di siklus II. Dengan Indeks Kinerja Minimal (IKM) sebesar 70%, dapat disimpulkan bahwa kegiatan read aloud efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini, terutama pada kelompok B TK Pertiwi Campaka.Penelitian ini menekankan pentingnya metode bercerita dalam mendukung perkembangan bahasa anak, yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, R., Widiyastuti, A. ., & Yuntina, L. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Read Aloud di TK Pertiwi Campaka . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 320–325. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.261
Section
Artikel