Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK Ibu Duning Cilaku Cianjur

Main Article Content

Wahidah Ulfah

Abstract

Sebagai alat komunikasi, berbicara merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan anak. Berbicara juga merupakan alat untuk menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang sekaligus berfungsi untuk memahami fikiran dan perasaan orang lain. Tujuan pengembangan kemampuan berbicara anak usia dini adalah agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Berbanding terbalik dengan keadaan di TK Ibu Duning dimana banyak anak yang tidak mampu berbicara dengan baik dan tidak mampu menerima pembicaraan dengan baik pula. Seperti anak tidak dapat melakukan 2-3 perintah yang di ucapkan guru, anak tidak dapat menceritakan pengalaman sederhana, dll. Jadi penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bermain peran. Peneltian ini terdiri dari dua siklus dimana pada pelaksanaan kegiatan sebelum penelitian (pra siklus) rata-rata kemampuan berbicara anak hanya sebesar 20% atau sebanyak 3 dari 15 anak. Pada siklus I sebesar 75% sedangkan pada siklus II kemampuan berbicara anak telah meningkat rata-rata sebesar 87%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan anak di TK ibu Duning Cilaku Canjur. Dan kepada para orang tua diharapkan agar memberikan stimulus yang tepat untuk setiap tingkat perkembangannya agar tumbuh kembang anak dapat tercapai dengan maksimal

Article Details

How to Cite
Ulfah, W. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK Ibu Duning Cilaku Cianjur. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 240–248. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.262
Section
Artikel