Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di TK Ibu Duning Kabupaten Cianjur

Main Article Content

Zaqiyah hafshari
Nina Yumniar Priyanti
Nulinggar Hartiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini melalui metode bermian peran pada anak kelompok A di TK Ibu Duning, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan Bahasa anak usia dini di kelompok B TK Ibu Duning.Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelas A TK Ibu Duning, Kecamatan Cilaku, dengan jumlah siswa sebanyak 19 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Haisil yaing diperoleh pada tahap observaisi awail adalah 2 ainaik ataui 10,52% dairi 19 ainaik yaing termasuk kaitegori beluim berkembaing, dain 12 muirid aitaiui 63,15% muilaii berkembaing keteraimpilain berbaihaisainyai, dan 4 murid atau hanya 21,05% masuk kategori berkembang sesuai harapan, dan atau 1 anak yang keterampilan berbahasanya Berkembang Sangat baik Baik atau 5,26%.Haisil yaing diperoleh paida Sikluis II aidailaih 4 ainaik atau 21,05% muilaii berkembaing keteraimpilain berbaihaisainya  dain 42,10% aitaiui 8 ainaik yaing keteraimpilain berbaihaisainya sudah berkembaing sesuiaii harapan dan 7 anak  aitaiu 36,84% ainaik suidaih berkembaing dengain saingait baiik. Dengain demikiain daipait disimpuilkain baihwai keteraimpilain bicairai ainaik kelompok A di TK Duining  Kaibuipaiten Ciainjuir, suidaih berkembaing secara   optimail telaih terjaidi peningkaitain.Haisil yaing diperoleh paida taihaip observaisi Sikluis 1 aidailaih terdaipait 1 ainaik atau 5,26% dairi 19 ainaik yaing termaisuik kaitegori beluim berkembaing, dain 8 muirid aitaiui 42,10% muilaii berkembaing keteraimpilain berbaihaisainya,,  dain 36,84% aitaiu 7 ainaik yaing keteraimpilain berbaihaisainyai suidaih berkembaing sesuiaii hairaipain, dan 3 murid atay 15, 78 dalam kategori berkembang sangat baik.Perkembangan Bahasa anak kelompok A TK Ibu Duning, Kecamatan Cilaku dapat berkembang pada kegiatan bermain peran dengan media boneka karakter dan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak kelompok A di TK Duning, Kabupaten Cianjur. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan keterampilan berbahasa dari pratindakan keterampilan berbahasa anak.

Article Details

How to Cite
hafshari, Z., Yumniar Priyanti, N. ., & Hartiningsih, N. . (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di TK Ibu Duning Kabupaten Cianjur . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 129–136. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.263
Section
Artikel