Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Permainan Ular Tangga di TK Intan Mas

Main Article Content

Rahma Siti Patimah
Arie Widiyastuti
Nina Yuminar Priyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana penggunaan  permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan kemampuan keaksaraan awal dan untuk mengetahui cara meningkatkan keaksaraan awal melalui permainan ular tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK karena banyak dipakai dan mudah dipahami. Tahapan PTK model Kemmis McTaggart meliputi Perencanaan , Pelaksanaan dan Pengamatan (Act & Observe), dan Refleksi (Reflect). Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A di Tk Intan Mas yang berjumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini. Pada penelitian pra siklus menunjukkan 42,12% dan pada siklus I, 65% anak menunjukkan peningkatan kemampuan keaksaraan awal, dan meningkat menjadi 83,75% pada siklus II dengan jumlah KKM 71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan ular tangga efektif dalam menstimulus kemampuan  keaksaraan awal anak usia dini di TK Intan Mas.

Article Details

How to Cite
Siti Patimah, R., Widiyastuti, A., & Priyanti, N. Y. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Permainan Ular Tangga di TK Intan Mas . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 315–321. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.265
Section
Artikel