Berani Berbicara dan Menjadi Pembicara: Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Percaya Diri Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan

Main Article Content

Agripa Parata Manalu
Joan Emanuella Sitorus
Zaky Atila Cafriano Hutabarat
Muhammad Harif Raudhatul Akmal
Trisnawati Hutagalung

Abstract

Jurnal ini mengkaji strategi meningkatkan kemampuan berbicara dengan percaya diri, sebuah keterampilan esensial dalam pembelajaran bahasa, komunikasi, serta relevan bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan. Kepercayaan diri dalam berbicara tidak hanya memperbaiki kemampuan berbahasa dan teknis, tetapi juga mempengaruhi keberanian dan motivasi seseorang dalam berinteraksi sosial maupun akademik. Menjelaskan pentingnya persiapan matang, latihan berbicara, dan mengatasi rasa gugup melalui teknik-teknik seperti visualisasi dan pernapasan. Bagi mahasiswa teknik elektro, keterampilan berbicara di depan umum sangat penting untuk mempresentasikan ide-ide teknis secara efektif. Dengan menggunakan strategi role play dan metode pembelajaran berbasis proyek, individu dapat mengasah keterampilan interpersonal dan meningkatkan keberanian berbicara di depan umum. Ketakutan berbicara, atau glossophobia, menjadi salah satu hambatan utama, namun dapat diatasi melalui strategi-strategi yang tepat. Jurnal ini menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berbicara membutuhkan latihan konsisten dan pendekatan yang terarah

Article Details

How to Cite
Parata Manalu, A., Sitorus , J. E., Hutabarat , Z. A. C. ., Raudhatul Akmal, M. H. ., & Hutagalung, T. (2024). Berani Berbicara dan Menjadi Pembicara: Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Percaya Diri Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 492–499. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.268
Section
Artikel