Manajemen Peningkatan Minat Masyarakat Menyekolahkan Anak di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Alwizra Alwizra
Gita Surti Nst

Abstract

Minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan dapat dibangun melalui upaya lembaga pendidikan dalam melakukan manajemen pemasaran. Lembaga pendidikan yang diminati masyarakat merupakan lembaga pendidikan yang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pelanggan pendidikan. Kepuasan masyarakat dapat berupa kepuasan layanan informasi, kepuasan terhadap kecukupan produk lembaga sesuai kebutuhan masyarakat, serta kepuasan pembiayaan yang terjangkau. Lembaga pendidikan harus mampu mencipkan kepuasan masyarakat melalui pemasaran pendidikan yang dimanajemen dengan excellent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran pendidikan yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah, sehingga masyarakat berminat terhadap Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data diambil dari beberapa orang informan melalui wawancara mendalam yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, informan terdiri atas 6 orang pendidik dan 3 orang tenaga kependidikan yang ikut terlibat sebagai Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru. Disamping itu sumber data penelitian ini adalah orang tua/wali murid Madrasah Ibtidaiyah. Perwakilan orang tua/wali murid berjumlah sebanyak 17 orang, yang diambil secara acak perwakilan orang tua dari siswa pada BP. 2023, 2022, dan 2021. Adapun key informan pada penelitian ini adalah kepala Madrasah Ibtidaiyah. Seluruh hasil observasi dan wawancara kemudian dianalisis secara tematik menggunakan software analisis kualitatif NVivo 10. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan yang dilaksanakan oleh Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan pendekatan kepada masyarakat melalui kegiatan; i) demonstrasi hasil program madrasah, ii) melibatkan ketokohan masyarakat Talu, iii) program parenting iv) pemasaran door to door, v) dan sosialisasi prestasi siswa. Kegiatan demonstrasi hasil program madrasah dilaksanakan melalui program safari Ramadhan yang dilaksanakan 1 bulan penuh Ramadhan dibeberapa masjid/mushalla. Selanjutnya, melalui acara openning cerrimonial beberapa lembaga/instansi. Ketokohan masyarakat dilakukan melalui video pendek pernyataan dukungan serta pengakuan beberapa tokoh masyarakat Talu terhadap Madrasah Ibtidaiyah. Video pendek tersebut disebar pada beberapa media sosial. Selain itu, pernyataan tokoh masyarakat Talu juga ditulis pada brosur PPDB dengan menampilkan data diri dan foto tokoh masyarakat Talu. Program parenting adalah melalui kegiatan pertemuan rutin dengan orang tua/wali murid dengan fokus pada pembinaan orang tua menjadi pendidik yang efektif. Pemasaran door to door merupakan kegiatan sosialisasi Panitia PPDB dalam memberikan informasi secara lansung kepada orang tua/wali murid calon siswa baru. Sosialisasi prestasi siswa dilakukan melalui media sosial melalui berbagai pemberitaan online, serta melalui baliho yang dipajang pada beberapa titik-titik strategis, sehingga dapat diketuhui secara mudah oleh masyarakat.

Article Details

How to Cite
Alwizra, A., & Surti Nst, G. . (2024). Manajemen Peningkatan Minat Masyarakat Menyekolahkan Anak di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 374–378. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.279
Section
Artikel