Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pemebalarajan Bahasa Indoensia Melalui Media Audiovisual
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media audiovisual moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah peserta didik semester pertama Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Pontianak yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis peserta didik. Peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Nilai rata-rata kemampuan menulis peserta didik meningkat dari 71,22 menjadi 81,06. Selain itu, penggunaan media pembelajaran audiovisual bermuatan nilai-nilai moderasi beragama juga efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini bisa diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam pembelajaran menulis.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.