Pengaruh Pembelajaran Kontekstual IPS Terhadap Minat Belajar Siswa SD

Main Article Content

Fazar Siddiq Bangun
Eka Yusnaldi
Khadijah Mahmut Hutasuhut
Hot Mahira
Tazqiatun Nisa Putri
Annisa Fitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, di mana dua kelompok siswa dari sekolah dasar yang berbeda dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran kontekstual yang mengaitkan materi pelajaran dengan fenomena sosial di sekitar siswa, sementara kelompok kontrol diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan minat belajar yang signifikan, dengan rata-rata skor pre-test yang meningkat dari 3,1 menjadi 4,2 pada post-test. Sebaliknya, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan kecil, dari 3,2 menjadi 3,5. Uji statistik menggunakan uji t menunjukkan bahwa perbedaan skor pada kelompok eksperimen signifikan (p < 0,05), sementara pada kelompok kontrol tidak signifikan (p > 0,05). Penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan variabel yang lebih beragam dapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai efektivitas pendekatan ini di berbagai konteks Pendidikan.

Article Details

How to Cite
Bangun, F. S. ., Yusnaldi, E., Hutasuhut, K. M. ., Mahira, H. ., Putri, T. N. ., & Fitri, A. . (2024). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual IPS Terhadap Minat Belajar Siswa SD . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 419–420. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.296
Section
Artikel